MENU
teknovaganza.id
Tech News
Peneliti Ini Mampu Menyulap Kristal Menjadi Konduktor Listrik yang Dapat Digunakan Berkali - kali

Peneliti Ini Mampu Menyulap Kristal Menjadi Konduktor Listrik yang Dapat Digunakan Berkali - kali

  28 Jul 2017      149

Jika selama ini kilauan kristal seringkali dipadupadan menjadi rangkaian aksesori mewah, beberapa peneliti ini diketahui justru memanfaatkan media yang sama untuk menghasilkan aliran listrik. Ya, para ahli dari Universitas Negeri Washington baru – baru ini diketahui melalui Engadget telah melancarkan penelitian terkait kemungkinan kristal menjadi media konduktor listrik yang bahkan dapat digunakan berkali – kali. 

Terkait prosesnya sendiri sejatinya tergolong cukup rumit. Bukan tanpa alasan, untuk memungkinkan kristal berperan sebagai konduktor listrik peneliti membutuhkan panas yang cukup tinggi. Bahkan saat kristal dikembalikan ke suhu ruangan, efeknya cepat sekali memudar hanya dalam beberapa hari saja. Beruntungnya, melalui penemuan yang tidak disengaja sekitar 4 tahun yang lalu para peneliti tersebut berhasil mengenalkan konduktifitas listrik pada kristal di suhu ruangan dengan memanfaatkan cahaya. 

Kabar baiknya, penemuan ini berhasil dan mampu meningkatkan konduktifitas listrik ke dalam kristal hingga 1000 kali, bahkan dapat bertahan selama kurang lebih satu tahun. Menindaklanjuti keberhasilan ini, seorang peneliti pun memanfaatkan laser untuk menggambarkan garis pada kristal sebagai cara mengalirkan arus saat kontak listrik dihubungkan di kedua ujungnya. Untuk saat ini, keberhasilan tersebut sejatinya masih dalam tahap awal saja. 

Peneliti terkait menyatakan bahwa teknik yang saat ini dimanfaatkan masih jauh dari kenyataan. Bahkan bisa saja terkesan layaknya teknologi – teknologi yang dipamerkan pada film science fiction. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Para ahli sendiri mengaku bahwa pihaknya masih membutuhkan waktu untuk bisa membuat proses tersebut menjadi nyata. Menarik untuk disimak lebih lanjut bukan? Kita nantikan saja. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id