MENU
teknovaganza.id
Startup
Tonggak.id Platform Digital yang Sajikan Deretan Masalah Tervalidasi Sebagai Bekal Peluang Bisnis
Photo Credit/DailySocial.id

Tonggak.id Platform Digital yang Sajikan Deretan Masalah Tervalidasi Sebagai Bekal Peluang Bisnis

  396

Dalam upaya untuk dapat menampung beragam pikiran yang mengemukakan pendapat hingga masalah untuk bisa diubah menjadi potensi dan aksi nyata, Satu Data Indonesia Kantor Staf Presiden (SDIKSP), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kibar meluncurkan platform Tonggak.id. Diberitakan melalui DailySocial.id, upaya ini sejatinya merupakan langkah yang dilakukan ketiga pihak tersebut dalam berkontribusi pada Gerakan Nasional 1000 Startup. Kelak, Tonggak.id dapat menjadi wadah untuk berkumpulnya akademisi, peneliti, dan juga komunitas yang ingin saling bertukar pikiran seputar masalah startup.

Kenyataan terkait adanya masalah seputar startup sendiri mulai terhembus saat data survey internal peserta Gerakan Nasional 1000 Startup mengungkapkan bahwa terdapat kesulitan untuk melakukan riset dan menentukan ide bisnis yang paling dibutuhkan di daerah peserta masing – masing. Keterbatasan sumber daya dan akses dilaporkan menjadi penyebabnya. Hal ini tentu saja berimbas pada penawaran solusi masalah yang kurang beragam dan keputusan berakhir lagi – lagi di sekitar ide transportasi on – demand dan marketplace. 

Oleh karena itu, Tonggak.id didirikan dan dikembangkan sebagai pihak pemberi data terkait permasalahan di sekitar. Data tersebut telah terkurasi, aktual, dan tervalidasi disajikan hanya untuk para calon pendiri startup sehingga kelak pihaknya mampu menemukan peluang bisnis yang tentu saja bermanfaat bagi masyarakat dan daerahnya. Di sisi lain,dalam penyajian data sendiri platform ini juga diketahui akan bersifat terbuka bagi publik sehingga akan sangat memudahkan calon pendiri startup saat interpretasi. 

Saat ini, Tonggak.id dilaporkan tengah fokus mengembangkan dan menyajikan data terkait 6 kategori sesuai program unggulan pemerintah yaitu ketahanan pangan, maritim, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, dan logistik. Octa Ramayana selaku Co-Founder Tonggak.id menyatakan bahwa dengan didirikannya platform tersebut para calon pendiri startup bisa mendapatkan data valid yang sesuai dengan kondisi daerah setempat dan bukan hanya sekedar asumsi semata. Sementara itu, dalam hal perolehan data sendiri platform ini harus melalui 4 tahapan berbeda. 

Tahapan pertama, penemuan terkait definisi masalah oleh SDIKSP. Setelah itu, masalah tersebut dapat mulai diproses oleh para peneliti dan akademisi terkait kebutuhan validasi data. Tahapan yang ketiga tentu saja berkaitan dengan proses pengayaan sekaligus penyebaran data yang dilakukan pleh komunitas dan startup. Dan terakhir merupakan tahapan pelaporan oleh komunitas dan startup untuk bisa diteruskan ke langkah aksi sehingga dapat direalisasikan menjadi solusi baru. Cukup ketat bukan proses yang dilakukan? Jadi, masih sulit mencerna ide terkait pengembangan startup? (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id