MENU
teknovaganza.id
Startup
Tokopedia – Pemerintah DKI Jakarta Kerjasama Kembangkan Fitur Laman Kota Jakarta

Tokopedia – Pemerintah DKI Jakarta Kerjasama Kembangkan Fitur Laman Kota Jakarta

  408

Berupaya untuk mendukung pertumbuhan UMKM asal DKI Jakarta, Tokopedia dikabarkan baru saja merilis Laman Kota Jakarta. Dilansir melalui Bisnis, hal tersebut dapat terwujud berkat kerjasama yang dilakukan Tokopedia dengan pemerintah kota setempat. Terkait hal ini, baik Tokopedia sendiri bersama dengan perwakilan pemerintah kota Jakarta, Gubernur Basuki Tjahaya Purnama telah meresmikan Laman Kota Jakarta pada Sabtu, 6 Mei 2017 yang lalu. 

Sementara itu, kehadiran fitur baru ini sendiri diharapkan oleh Ahok, sapaan akrab Basuki Tjahaya Purnama, dapat semakin memperluas pengetahuan masyarakat terhadap kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki oleh UMKM asal DKI Jakarta. Bukan tanpa sebab, Jakarta sendiri saat ini tidak hanya berperan sebagai pusat ekonomi dan bisnis saja tapi juga kaya akan UMKM lokal dan BUMD yang menawarkan produk siap saing. 

Di sisi lain, Tokopedia melalui William Tanuwijaya selaku sang CEO menyatakan bahwa fitur ini dikembangkan sebagai bentuk dorongan lebih terhadap UMKM sacara meluas. Saat ini, di Indonesia sendiri UMKM menyumbangkan kontribusi pada perkonomian Tanah Air hingga 58 % besarnya. Namun, yang sangat disayangkan belum semua UMKM berani tampil online. Sementara pengguna internet di Indonesia mencapai angka 100 juta yang apabila dimanfaatkan dengan baik tentu saja dapat berimbas kesuksesan pada UMKM sendiri. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga optimis menyatakan bahwa kerjasama ini dapat berjalan dengan baik terlebih lagi nilai penjualan oleh UMKM DKI Jakarta melalui platformnya secara signifikan meningkat. Menurutnya, saat ini UMKM asal DKI Jakarta telah sukses menjual hingga 9.793.671 produk. Angka tersebut sejatinya merupakan perolehan dan prestasi yang baik bagi tim UMKM DKI Jakarta sendiri. Sekitar 5 tahun yang lalu atau tepatnya tahun 2012, UMKM DKI Jakarta hanya berhasil mencapai angka 53.589 produk saja. 

Di luar dari pada itu, Laman Kota Jakarta sendiri sejatinya turut berperan aktif dalam upaya yang tengah digencarkan oleh Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Presiden Jokowi demi menggiring Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara tahun 2020 mendatang. Sementara itu, dalam pasar lokal, langkah Tokopedia dan pemerintah kota setempat juga diharapkan mampu mendukung ekonomi yang inklusif. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id