MENU
teknovaganza.id
Tech News
Proterra Tengah Berupaya Kembangkan Bus Elektrik Yang Mampu Menjadi Alat Transportasi Publik Otonom
Photo Credit/Engadget

Proterra Tengah Berupaya Kembangkan Bus Elektrik Yang Mampu Menjadi Alat Transportasi Publik Otonom

  301

Potensi kendaraan otonom sebagai salah satu alat transportasi publik nampaknya mulai menunjukan perkembangan yang signifikan. Hal tersebut juga terlihat dari langkah yang kini tengah diupayakan oleh sebuah perusahaan pengembang bus elektrik asal Amerika, Proterra. Setelah sukses menciptakan bus elektrik yang mampu berkendara hingga 350 mil dalam satu kali pengisian daya baterai, kini Proterra melalui Engadget juga dikabarkan akan segera membawa alat transportasi ini ke level selanjutnya. 

Terkait konsep yang diusung oleh Proterra sendiri sebenarnya cukup sederhana. Perusahaan tersebut meluncurkan program berkendara otonom yang berguna untuk membantu bus elektrik besutannya bekerja sebagai alat transportasi publik di Reno, Nevada. Kelak alat transportasi tersebut tidak hanya menyandang status elektrik saja tapi juga otonom (read: tanpa supir). Meskipun begitu, implementasinya sendiri diakui oleh Proterra cukup sulit dilakukan. 

Bukan tanpa sebab, perihal kemungkinan apakah bis elektrik otonom dapat mengendarai “dirinya sendiri” dengan aman juga patut dipertanyakan. Ryan Popple selaku CEO Proterra sendiri menyatakan bahwa pihaknya tidak “senyaman” itu meninggalkan penumpang bus otonom tanpa pendamping satu orang pun. Terlebih lagi, jika bus elektrik otonom tersebut bertugas membawa anak – anak sekolah yang masih dan sangat butuh pengawasan lebih lanjut. Terkait hal ini, Ryan mengaku bahwa masih ada banyak hal yang perlu disiapkan agar bus elektrik otonom besutan Proterra mampu melakukan tugasnya dengan benar.

Saat ini pihaknya mengaku bahwa upaya tersebut tidaklah mudah dan akan memulainya melalui penyematan alat pindai yang mampu mendeteksi keadaan jalan, macet, pejalan kaki, dan pastinya penumpang sendiri. Tidak hanya itu, Ryan juga berharap kedepannya persiapan tersebut dapat dilakukan dengan perlahan tapi pasti sehingga kelak tim-nya mampu melakukan uji coba bus elektrik otonom pada jalan dan situasi yang sebenarnya. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id