MENU
teknovaganza.id
Tech News
Perangkat Wearable Tipis Layaknya Tato Ini Mampu Pantau Data Kesehatan Anda
Photo Credit/Takao Someya Group

Perangkat Wearable Tipis Layaknya Tato Ini Mampu Pantau Data Kesehatan Anda

  291

Pemantauan kesehatan bagi beberapa orang dipandang sebagai hal yang wajib dilakukan. Oleh karena itu, tidak jarang rasanya jika mereka berupaya untuk bisa mendapatkan laporan kesehatan melalui beragam tes layanan medis. Sementara, bagi mereka yang cukup ‘melek’ teknologi, hal tersebut menjadi lebih mudah dilakukan melalui penggunaan wearable devices. Namun, bagaimana rasanya jika wearable device tersebut kini telah beralih semakin canggih dan memiliki tampilan lebih ‘keren’ layaknya penggunaan tato saja?

Terkait hal ini, beberapa peneliti yang tergabung dalam jurnal Nature Nanotechnology dilaporkan melalui The Verge baru saja mempublikasikan teknologi pemantauan kesehatan terkini. Bukan fitness tracker ataupun perangkat wearable lainnya, melainkan sebuah lapisan tipis berbahan dasar seperti kulit yang didalamnya telah ditanamkan elektronik. Tidak perlu khawatir jika pengguna harus berinteraksi dengan air. Peneliti terkait dilaporkan memanfaatkan bahan yang juga dapat larut dalam air namun tetap dapat meninggalkan elektronik pada kulit. Bahan tersebut bahkan dikabarkan terasa nyaman dipakai dan tidak rusak bila ditekuk sekali pun. 

Rahasianya tidak lain dan tidak bukan terletak pada pemanfaatan bahan utamanya yaitu polivinil alkohol. Untuk bisa menghasilkan benang dari bahan ini, peneliti dilaporkan menggunakan tenaga listrik yang juga dikenal dengan teknologi electrospinning. Untuk membuatnya lebih kondusif secara elektrik, mereka juga melapisinya dengan emas. Mengingat bahan ini mudah larut dalam air, tentu saja tampilannya akan hilang saat pengguna melakukan interaksi dengan air. Namun, lapisan emas dilaporkan masih dapat melekat pada kulit dan diketahui mampu menjaga dan mengirimkan data penting kesehatan. 

Untuk saat ini, teknologi tersebut masih diutamakan dalam pemanfaatan bidang kesehatan. Namun, beberapa pihak memprediksi bahwa terdapat kemungkinan dimanfaatkannya teknologi ini sebagai media integrasi dengan ponsel. Sayangnya, pemanfaatan bahan polivinil alkohol tersebut sepertinya tidak dapat menyamankan pengguna dalam waktu berkelanjutan. Hal ini sepertinya diperkirakan hanya akan berjalan lebih baik untuk pemanfaatan laboratorium saja. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id