MENU
teknovaganza.id
Startup
Pentingnya Menuliskan Rencana Bisnis Startup (Sekaligus Cara Memulainya)

Pentingnya Menuliskan Rencana Bisnis Startup (Sekaligus Cara Memulainya)

  478

Bahkan perusahaan raksasa pun masih mengatur rencana bisnis mereka.

Meskipun kategori bisnis yang Anda jalankan merupakan startup, bukan berarti Anda tidak perlu lagi menuliskan rancangan dan juga rencana bisnis yang akan dijalankan. Rencana bisnis sendiri memiliki tujuan untuk memberikan Anda dokumen nyata terkait hal – hal yang akan Anda lakukan pada perusahaan startup. Kelak Anda akan mengetahui bagaimana kondisi startup yang dijalankan, apakah berkembang pesat dan mencapai goal atau tidak ada kemajuan sama sekali. 

Sementara itu, dalam menuliskan rencana bisnis sendiri tidak dibutuhkan waktu yang lama. Anda hanya pelru merangkum segalanya dalam beberapa hal penting dibawah ini seperti dilansir melalui artikel oleh Jon Westenberg:

•    Apa produk atau layanan yang Anda tawarkan? Apa keunggulannya? Dan mengapa seseorang harus beralih ke produk atau layanan tersebut?

•    Strategi apa yang Anda gunakan untuk membawa produk atau layanan tersebut ke pemasaran yang tepat?

•    Dari mana asal usul modal pendapatan Anda?

•    Apa tujuan atau sasaran yang ingin Anda capai? Apa kesulitannya?

•    Hal apa yang Anda lakukan saat Anda tau bisnis ini mungkin akan gagal?

•    Tetapkan target pelanggan dan pemasaran Anda

•    Tetapkan kebutuhan finansial Anda 

Jika Anda merasa telah mendapatkan jawaban dari seluruh hal penting diatas, kini cobalah untuk menuliskannya dalam 10 halaman saja. Namun jika Anda cukup merasa kesulitan mengekspresikannya, dapat dipastikan bahwa model bisnis yang Anda jalani tergolong cukup rumit. Sebaliknya, jika Anda telah cukup percaya diri dalam mengungkapkan seluruh jawaban dari hal penting diatas, kini saatnya Anda menggerakan mesin perusahaan startup Anda. 

Namun, dalam pelaksanaannya tentu saja Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Cari dan pilih orang – orang yang Anda percaya, diskusikan rencana bisnis tersebut agar dapat mencapai goal yang diinginkan. Pertukaran pendapat biasanya akan membuahkan hasil yang lebih baik, bahkan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Oleh karena itu, selalu latih pola piker tim startup Anda dengan terus memperbarui dan mengcek kembali rencana bisnis yang selama ini Anda terapkan. Semoga hasil yang didapat juga maksimal. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id