MENU
teknovaganza.id
Tech News
Peneliti Ini Kembangkan Teknologi Yang Mungkinkan Jubah Tembus Pandang A La Harry Potter Semakin Nyata
Photo Credit/Vanity Fair

Peneliti Ini Kembangkan Teknologi Yang Mungkinkan Jubah Tembus Pandang A La Harry Potter Semakin Nyata

  313

Anda salah satu penggemar novel fantasi Harry Potter yang mendunia? Jika iya, tentu Anda mengingat salah satu wearable berbentuk jubah yang dikenakan sang aktor utama untuk dapat menghilang dari pandangan orang sekitarnya bukan? Mengejutkannya, jubah dengan kinerja serupa mungkin saja bisa Anda miliki secara nyata. Cukup penasaran dengan yang satu ini? Mari kita simak salah satu penelitian yang terungkap melalui Journal of Applied Physics berikut. 

Dilansir melalui Digital Trends, telah ada sebuah penelitian yang dilakukan dengan tujuan pengembangan teknologi baru yang melibatkan proses penyebaran nanopartikel ke dalam semikonduktor. Dalam proses ini, nanopartikel logam berperan sebagai antena miniatur yang bekerja untuk dapat meningkatkan efisiensi LED. Tidak hanya itu, proses ini juga memungkinkan nanopartikel logam untuk bisa mengalihkan listrik yang mengalir melalui semikonduktor. 

Jika proses ini berhasil maka akan ada banyak cahaya yang kembali bekerja menghasilkan cahaya. Tidak hanya itu, nanopartikel logam juga membantu memantulkan cahaya dari perangkat. Dengan begitu, tidak ada satupun proses yang terjebak di dalam dan terbuang begitu saja. Penelitian ini sejatinya memanfaatkan teori “reverse refraction” memungkinkan peneliti untuk bisa menghasilkan perangkat wearable tidak terlihat. 

Rahasia dari kemugkinan keberhasilan teori ini sendiri terletak pada ketepatan penentuan ukuran dan jarak berbagai nanopartikel agar dapat mengendalikan panjang gelombang cahaya tertentu. Sementara itu bagi Rachel Goldman selaku Profesor Ilmu Material, Tehnik, dan Fisika dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa diperlukan proses transmisi dan manipulasi cahaya yang tepat untuk bisa menghasilkan perangkat wearable tembus pandang secara nyata.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan perangkat tersebut masih dibutuhkan penelitian berkelanjutan di masa yang akan datang. Di sisi lain, teori ini sendiri bukanlah hal baru yang dilakukan oleh para peneliti. Sebelumnya, beberapa peneliti telah mencoba melakukannya dengan pemanfaatan logam mulia dan dapat dipastikan biaya yang dikeluarkan sangat tinggi. Meskipun begitu, pengembangan teknologi ini setidaknya telah membawa kita satu langkah lebih maju bukan untuk merealisasikan perangkat wearable tak kasat mata? (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id