MENU
teknovaganza.id
Startup
Nodeflux Startup Teknologi yang Tawarkan Interpretasi Data Manfaatkan Komputasi Terdistribusi Menjadi Sebuah Analisis
Photo Credit/DailySocial.id

Nodeflux Startup Teknologi yang Tawarkan Interpretasi Data Manfaatkan Komputasi Terdistribusi Menjadi Sebuah Analisis

  332

Manfaat sistem komputasi dalam memecahkan sebuah masalah sepertinya menjadi alasan yang tepat bagi startup yang satu ini untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Nodeflux baru – baru ini hadir dengan mengklaimkan diri sebagai startup teknologi yang menawarkan produk berbasis komputasi terdistribusi. Seperti dikutip melalui DailySocial.id, Nodeflux sejatinya menawarkan jasa interpretasi data (berupa apa saja) yang kemudian dipadupadankan dengan operasi komputasi guna menghasilkan data analisis sesuai kebutuhan pelanggannya. 

Startup yang didirikan oleh Meidy Fitranto dan Faris Rahman tersebut saat ini mengaku tengah fokus memanfaatkan kemampuan komputasi terdistribusi melalui Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, dan juga Deep Learning khusus area Computer Vision. Kemampuan tersebut kelak diimplementasikan pada perangkat yang kompatibel seperti CCTV, Webcam, Smartphone, dan lain sebagainya untuk dapat melakukan fungsi kecerdasan lebih dari sebelumnya.

Sebagai contoh, pemanfaatan CCTV pada awalnya hanya berfungsi untuk memantau suatu keadaan pada area tertentu saja. Namun, jika perangkat tersebut dikolaborasikan dengan komputasi terdistribusi yang ditawarkan oleh Nodeflux, maka CCTV kini menjadi lebih pintar sehingga mampu melakukan beragam tugas level lanjutan seperti membantu menghitung kepadatan kendaraan pada suatu jalan, identifikasi pelat nomor kendaraan, angkutan umum yang mengetem, pengelolaan parkir, pengenalan wajah, deteksi usia dan jenis kelamin, dan sebagainya. 

Layanan atau produk yang ditawarkan oleh Nodeflux sendiri sejatinya menjadi pertanda dimana sistem komputasi Indonesia naik tingkat. Bagaimana tidak, startup tersebut bahkan membantu pelanggan untuk dapat mengatasi permasalahan yang awalnya secara manual kini menjadi lebih praktis dan pintar. Meidy selaku salah satu founder Nodeflux sendiri menyatakan bahwa yang dilakukan oleh pihaknya tidak lain dan tidak bukan adalah menawarkan solusi yang signifikan melalui pendekatan teknologi.

Tidak hanya itu, startup tersebut juga berharap kedepannya mampu menghasilkan produk teknologi yang dapat bersaing secara global. Sementara dalam hal bisnis, Nodeflux berkeinginan kelak mampu menjadi startup yang solutif dan terdepan dalam hal komputasi dan AI di Tanah Air. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari startup ini. Semoga produk dan layanan besutannya mampu menyederhanakan proses yang rumit menjadi lebih praktis dan efisien tidak hanya bagi pelanggannya saja tapi juga keberlangsung kehidupan di Indonesia. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id