MENU
teknovaganza.id
Software & Apps
Minimalisir Iklan Mengganggu Google Segera Terapkan Ad Blocker Tool Pada Chrome

Minimalisir Iklan Mengganggu Google Segera Terapkan Ad Blocker Tool Pada Chrome

  340

Google diketahui tengah merencanakan keputusan yang cukup besar untuk perkembangan bisnisnya di tahun depan. Melalui Chrome, raksasa mesin pencari seperti diberitakan oleh The Verge akan mulai memperkenalkan fitur ad blocker. Terkait hal ini, Google sebagai salah satu perusahaan yang juga cukup bergantung dengan industri periklanan tentu saja tidak semena – mena dalam menerapkan pemblokiran iklan pada situs – situs tertentu.

Rencana tersebut sejatinya dikhususkan bagi para penerbit iklan yang cukup menggangu, seperti iklan video yang berputar dengan sendirinya atau iklan yang memakan area cukup luas pada halaman situs. Bahkan iklan mengganggu milik atau yang disajikan oleh Google sendiri juga akan mengalami pemblokiran jika memang benar – benar menggangu. Agar penerapan rencana tersebut berjalan baik, Googl dilaporkan tengah mengembangkan tool yang dihususkan untuk penerbit iklan.

Melalui tool tersebut, penerbit dapat terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap status iklan yang akan ditayangkan, apakah cukup menggangu atau tidak. Tidak hanya itu, keputusan terhadap iklan mana saya yang tak layak tayang juga diambil oleh sebuah perkumpulan yang disebut dengan Coalition for Better Ads mencakup beberapa raksasa internet seperti Google sendiri, Facebook, News Corp, dan juga The Washington Post.

Secara keseluruhan, keputusan Google tersebut bisa saja mendatangkan sisi baik ataupun buruk. Bagi pengunjung situs yang tidak terlalu menyukai iklan, hal ini mungkin saja bisa semakin menyamankan pihaknya saat melakukan browsing. Sementara bagi para penerbit iklan, hal ini cukup membuat pihaknya waspada, karena tentu saja akan ada beberapa iklan yang kelak tak dapat tayang. Namun, bagi Google hal ini sejatinya bisa menjadi langkah untuk mengamankan lahan bisnisnya sendiri.

Bukan tanpa sebab, bagi pengunjung situs yang benar – benar tidak menyukai iklan, pihaknya bisa saja memanfaatkan tool untuk memblokir seluruh iklan tanpa memandang iklan mana pun. Hal inilah yang sepertinay cukup dipertimbangkan Google. Oleh karena itu, raksasa mesin pencari tersebut saat ini nampaknya tengah memperjuangkan agar iklan online tampil lebih positif dan tidak mengganggu sehingga pengunjung situs pun masih bersedia untuk mengizinkan iklan tertentu pada halaman yang ditelusurinya. 

Tidak tanggung – tanggung, Google bahkan juga mempersiapkan sebuah tool khusus pengunjung bertajuk Funding Choices. Tool ini sejatinya bekerja sebagai akses pembayaran dari pengunjung situs pada penerbit yang iklannya telah mereka blokir. Namun dibalik itu semua, Google sendiri mengklaim bahwa tujuan utama dari keputusan ini adalah untuk menyebarkan iklan yang lebih baik kedepannya dan menghasilkan pengalaman menelusuri situs yang lebih nayaman sehingga industri iklan online juga dapat berjalan lebih baik sekaligus menguntungkan. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id