MENU
teknovaganza.id
Tech News
Manfaatkan Komputer Super Tim Peneliti Ini Selesaikan Simulasi Alam Semesta Dalam Satu Hari
Photo Credit/Digital Trends

Manfaatkan Komputer Super Tim Peneliti Ini Selesaikan Simulasi Alam Semesta Dalam Satu Hari

  305

Penelitian terkait alam semesta akan dilakukan dalam 3 tahun ke depan, memanfaatkan satelit Euclid yang diprediksi akan meluncur ke luar angkasa sekitar tahun 2020 mendatang. Terkait hal ini, percobaan pun tengah dalam upaya perencanaan oleh kolaborasi dari hampir 1000 peneliti dunia yang bertujuan untuk dapat memetakan miliaran galaksi di alam semesta dan menguraikan sifat energi gelap. Oleh karena itu, demi mempersiapkan percobaan tersebut saat ini dilansir melalui Digital Trends, para peneliti dari Universitas Zurich di Swiss tengah mengembangkan serangkaian simulasi dari seluruh alam semesta. 

Untuk dapat mengembangkan simulasi tersebut, para peneliti dilaporkan memanfaatkan komputer super yang terdiri dari hampir 25 miliar galeri virtual. Simulasi ini menghasilkan gambar dari perkiraan situasi alam semesta. Secara keseluruhan, gambar tersebut nampak seperti gumpalan rambut – rambut kering. Namun, faktanya warna hitam yang menyerupai rambut kering ini mempresentasikan bagaimana energi gelap didistribusikan di luar angkasa. Di sisi lain, warna kuning yang tersebar menunjukan wujud energi gelap sementara warna putih mengindikasikan area dengan kepadatan terendah di alam semesta. 

Romain Teysierr selaku Professor of Computaional Astrophysics menyatakan bahwa dalam melakukan simulasi ini, timnya memanfaatkan 2 tehnik sekaligus yaitu metode fast multipole yang dimanfaatkan untuk gravitasi yang bekerja dengan ribuan node secara paralel dan penggunaan graphics cards untuk mempercepat perhitungan. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengaku untuk dapat memadukan kedua tehnik tersebut dimanfaatkan pula Komputer Super Piz Daint milik Swiss National Supercomputing Center yang dibuat dengan lebih dari 5000 GPUs.

Sementara untuk dapat menyelesaikan percobaan dengan tehnik kombinasi ini, komputer super Piz Daint dengan sistem Cray XC30 melakukannya dalam hitungan sekitar 1 hari lebih. Namun, jika pihak awam mencoba untuk melakukannya dengan menggunakan laptop modern biasa proyek ini baru akan selesai sekitar 900 tahun lamanya. Cukup terkejut dengan kemampuan Piz Daint sang komputer super ini? (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id