MENU
teknovaganza.id
Tech News
Lancarkan Serangan Siber Pada Honda, Wannacrypt Lumpuhkan Pabrik Sayama

Lancarkan Serangan Siber Pada Honda, Wannacrypt Lumpuhkan Pabrik Sayama

  323

WannaCry atau yang juga dikenal dengan Ransomware Wannacrypt telah sukses melancarkan serangan siber gerilya sekitar pertengahan bulan lalu. Hampir 99 negara sempat dibuat panik akibat terjangkitnya virus “tak diundang” tersebut pada sumbu utama institusi pemerintahan mereka. Selang satu bulan kemudian, Wannacrypt tak terdengar lagi gerak geriknya. Namun, dilaporkan melalui Engadget virus tersebut belum benar – benar mati. Perusahaan asal Tiongkok, Honda Motor Co. akhirnya menyadari ancaman Wannacrypt pada jaringan komputer mereka. 

Sekitar 3 hari yang lalu atau tepatnya 19 Juni 2017 waktu Tiongkok, Honda terpaksa harus mengehentikan salah satu kinerja pabrik andalannya, Sayama. Berlokasi di luar kawasan Tokyo, Sayama menghasilkan beragam model kendaraan berkualitas mulai dari Accord, Odyssey, dan Step Wagon. Hampir setiap hari, pabrik tersebut mampu memroduksi sekitar 1000 kendaraan sekaligus. Namun, saat Wannacyrpt menyerang, pabrik Sayama dengan terpaksa harus menghentikan pekerjaannya. 

Terkait hal ini, Wannacypt sendiri sepertinya belum cukup puas dengan serangan siber yang pihak mereka gerilyakan hampir 1 bulan yang lalu. Pada saat itu, pabrik mobil asal Perancis Renault juga menjadi salah satu sasaran mereka. Wannacrypt bekerja memanfaatkan kelemahan sistem operasi Windows yang belum melalui pembaruan terkini fitur keamanan Microsoft. Hingga saat ini, tangan – tangan jail tersebut masih diperkirakan menjadi pihak tak bertanggungjawab dari sebuah kelompok siber asal Korea Utara. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id