MENU
teknovaganza.id
Startup
Habibi Garden Tawarkan Teknologi IoT Dalam Sistem Monitoring Lahan Pertanian

Habibi Garden Tawarkan Teknologi IoT Dalam Sistem Monitoring Lahan Pertanian

  1674

Saat ini pemanfaatan IoT (Internet of Things) nampaknya semakin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini didukung pula dengan kehadiran startup yang memang fokus memanfaatkan teknologi tersebut pada layanannya, salah satu contohnya Habibi Garden. Startup ini seperti diberitakan melalui DailySocial.id merupakan sebuah perusahaan digital yang menawarkan layanan bagi petani lokal untuk dengan mudah “berkomunikasi” dengan tanaman mereka. 

Kata “berkomunikasi” terdengar cukup unik jika digunakan untuk menggambarkan hubungan petani dengan tanaman mereka. Meskipun begitu, petani memang akan “berkomunikasi” dengan tanaman mereka dalam arti kata diperlukan adanya informasi bagi petani terkait kondisi tanaman mereka sendiri. Dalam hal ini, Habibi Garden berusaha untuk dapat menjembatani hubungan diantara keduanya dengan memanfaatkan teknologi IoT. 

Kinerja IoT untuk menghubungkan petani dan tanamannya telah didesain dengan beragam sensor yang berkaitan dengan suhu, kelembapan, nutrisi media tanaman, intensitas cahaya dan lain sebagainya. Sementara itu, penyampaian informasi seputar hal tersebut pun bisa didapatkan petani melalui sebuah aplikasi yang terhubung langsung dengan IoT yang dilokasikan berdekatan dengan tanaman. Dengan demikian, petani dapat dengan mudah memonitor segala macam bentuk kebutuhan tanaman mereka. 

Tidak hanya itu, pemanfaatan teknologi IoT Habibi Garden nampaknya tidak terbatas seputar monitoring saja. Mekanisme M2M (Machine to Machine) yang diterapkan memungkinkan antar mesin untuk dapat terhubung, berkomunikasi, dan bertukar data. Oleh karena itu, teknologi IoT Habibi Garden juga dapat mempermudah kinerja petani dalam hal penyiraman dan pemupukan otomatis. Alhasil, ini memungkinkan petani untuk dapat lebih fokus pada tujuan pengawasan bahkan membuka lahan baru. 

Sementara itu, saat ini dalam upaya mengembangkan startupnya, sang CTO Habibi Garden sendiri tengah berfokus melakukan penelitian seputar pemanfaatan teknologi IoT pada penanaman cabai. Bukan tanpa sebab, startup yang sebelumnya telah sukses menerapkan fungsi IoT pada penanaman tomat ini nyatanya begitu peduli terhadap harga cabai yang hampir setiap tahun memungkinkan melambung tinggi. Pihak Habibi Garden pun kini sedang giat menghadiri forum petani cabai. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id