MENU
teknovaganza.id
Tech News
Diblokir, Telegram Tak Lagi Dapat Diakses di Indonesia

Diblokir, Telegram Tak Lagi Dapat Diakses di Indonesia

  356

Situs pesan instan global, Telegram, resmi diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Seperti diberitakan melalui Bisnis, alasan dibalik pemblokiran tersebut adalah indikasi tentang pemanfaatan Telegram sebagai alat komunikasi kelompok radikalis. Pemblokiran sendiri telah mulai dilakukan sejak kemarin, Jumat 14 Juli 2017 pukul 11.00 WIB. Noor Iza selaku Plt Kepala Humas Kemenkominfo membenarkan kabar tentang pemblokiran ini.

Pihaknya juga menyatakan bahwa telah ditemukan indikasi terkait komunikasi intens yang dilakukan oleh kelompok radikalis melalui situs tersebut. Tidak hanya itu, menindaklanjuti pemblokiran ini pemerintah juga dilaporkan tengah dalam upaya untuk dapat melakukan monitoring terhadap platform – platform serupa. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan dengan tujuan mengurangi konten berbau radikalisme di Indonesia. 

Sementara itu, dari keterangan Biro Humas Kemenkominfo diketahui bahwa pemblokiran dilakukan dengan cara memutus 11 Domain Name System (DNS) milik Telegram diantaranya t.me, telegram.me, telegram.org, core.telegram.org, desktop.telegram.org, macos.telegram.org, web.telegram.org, venus.web.telegram.org, pluto.web.telegram.org, flora.web.telegram.org, dan flora-1.web.telegram.org.

Dengan secara resmi terblokirnya situs Telegram dapat diartikan bahwa platform tersebut tidak lagi dapat diakses melalui aplikasi versi desktop. Selain itu, pemerintah seperti dinyatakan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan akan mengambil langkah serupa untuk seluruh jaringan aplikasi Telegram di Indonesia jika pihak mereka tidak menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) terkait penanganan konten yang melanggar hukum dalam aplikasi mereka. 

Lagi, keputusan tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Pihaknya menyatakan bahwa langkah ini diambil sebagai upaya untuk dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan hingga saat ini Kemenkominfo juga turut bekerjasama dengan lembaga negara dan aparat hokum lainnya dalam upaya penanganan pemblokiran konten negatif yang melanggar hukum dan peraturan perundang – undangan Indonesia. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id