MENU
teknovaganza.id
Tech News
Bola Dunia Ini Mampu Tampilkan Koleksi Album Foto Dari Berbagai Negara di Dunia
Photo Credit/Digital Trends

Bola Dunia Ini Mampu Tampilkan Koleksi Album Foto Dari Berbagai Negara di Dunia

  390

Liburan menjadi momen menyenangkan bagi hampir setiap orang. Oleh karena itu, tidak jarang akan ada begitu banyak gambar yang dibidik guna mengabadikan momen istimewa tersebut. Bahkan saat akan menentukan lokasi liburan, seseorang biasanya akan mencari inspirasi dari album foto liburan orang lain. Sayangnya, akan sangat membosankan jika melakukannya melalui gambar – gambar yang telah tersimpan lama pada serangkaian album foto baik di komputer maupun media sosial. 

Namun, pengalaman berbeda nampaknya akan ditawarkan oleh projek unik yang dikembangkan Caroline Buttet yang satu ini. Mengaku begitu menyukai travelling, Buttet dilansir melalui Digital Trends berupaya untuk dapat menampilkan momen liburannya dengan cara yang berbeda. Globe Trotter merupakan projek album foto berlandaskan teknologi Arduino yang memanfaatkan bola dunia sebagai pengontrolnya. Singkat kata, orang lain bisa mendapatkan kesempatan untuk mengakses album foto liburan seseorang di berbagai belahan dunia melalui sentuhan terhadap kontrol yang berbentuk bola dunia. 

Bola dunia yang dimanfaatkan sendiri dilengkapi dengan kemampuan sensitifitas terhadap sentuhan jari seseorang. Tidak hanya itu, sebelumnya bola dunia juga telah terhubung dengan komputer melalui teknologi Arduino yang juga terintegrasi pula dengan halaman situs. Cara kerjanya, cukup sentuh negara yang diinginkan pada kontrol bola dunia untuk bisa mengakses album foto liburan seseorang. Bahkan pengguna juga bisa membolak – balikan bola dunia untuk menampilkan foto liburan layaknya slide. Sangat menarik bukan?

Meskipun begitu, teknik yang diterapkan oleh Buttet pada bola dunia sendiri sejatinya dianggap cukup sulit. Namun, pihaknya mengaku bahwa terdapat cara unik yang cukup sederhana untuk dilakukan. Buttet terlebih dahulu melakukan uji coba dengan memosisikan ibu jarinya diberbagai negara pada bola dunia. Sementara di bagian dalam bola dunia pada masing – masing negara juga telah dilekatkan kawat yang terhubung dengan sistem Arduino. Inilah alasan mengapa bola dunia dapat berperan serta sebagai pengontrol dalam mengakses album foto seseorang.

Di sisi lain, terkait projeknya ini Buttet mengaku bahwa Globe Trotter saat ini masih berupa konsep saja. Oleh karena itu, terdapat banyak hal yang perlu dilakukan untuk mengembangkannya menjadi teknologi yang patut dilirik, seperti penyortiran foto secara otomatis hingga membuatnya menjadi nirkabel. Meskipun begitu, keberhasilan projeknya ini sepertinya turut menarik perhatian banyak orang. Pihaknya mengaku telah mendapat permintaan untuk bisa mengembangkan projek tersebut lebih lanjut. Bahkan Buttet juga mengaku tidak segan untuk oper source terhadap teknologi yang dikembangkannya itu. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id