MENU
teknovaganza.id
Startup
Bermitra Dengan Pefindo KoinWorks Ingin Permudah Langkah Analisis Kredit Calon Peminjamnya
Photo Credit/Tech in Asia Indonesia

Bermitra Dengan Pefindo KoinWorks Ingin Permudah Langkah Analisis Kredit Calon Peminjamnya

  622

Bertujuan untuk dapat memeroleh informasi lebih detil dalam melakukan analisis kredit, KoinWorks startup yang bergerak sebagai penyedia layanan peer to peer (P2P) lending mengumumkan bahwa pihaknya baru saja resmi menjalin kerjasama dengan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Seperti diberitakan melalui Tech in Asia Indonesia, keputusan ini juga dilakukan dengan latarbelakang harapan untuk dapat meningkatkan kualitas pemberian kredit kepada para calon peminjam di platform mereka.

Dipilihnya Pefindo sendiri bukanlah tanpa alasan. Perusahaan tersebut telah berdiri sejak tahun 1993 sebagai inisiatif dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan sebagai perusahaan penyedia rating pinjaman. Selama ini Pefindo dapat menyediakan informasi seputar riwayat pinjaman masyarakat Indonesia yang telah lebih dulu tercatat pada berbagai instansi keuangan. Dengan diresmikannya kerjasama tersebut tentu saja akan semakin mempermudah KoinWorks dalam mengakses riwayat pinjaman calon pengguna mereka. 

Selain itu, kerjasama ini diakui oleh Bernard Arifin selaku COO KoinWorks sendiri juga dapat memungkinkan pihaknya menelusuri beragam informasi data pribadi calon peminjam sehingga akan lebih mudah mengetahui profil mereka. Sementara, bagi Benedicto Haryono yang tak lain dan tak bukan merupakan Co-Founder sekaligus CEO KoinWorks berharap bahwa pihaknya dapat mulai membangun riwayat pinjaman menyerahkannya pada Pefindo. Hal ini menurutnya akan sangat bermanfaat dan memudahkan proses pemberian pinjaman sendiri. 

Hal sebaliknya yang juga bisa didapatkan dari kerjasama ini adalah riwayat pinjaman yang dianggap tidak disiplin dalam melunasi kewajiban di KoinWorks. Bagi peminjam yang kurang bertanggung jawab, pihak KoinWorks akan melaporkan hal tersebut kepada Pefindo sebagai bukti catatan keuangan yang buruk dari peminjam terkait. Hal ini tentu saja akan sangat memengaruhi kemungkinan diberikannya kembali pinjaman pada peminjam tersebut di masa yang akan datang seperti pengajuan aplikasi KPR. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id