MENU
teknovaganza.id
Tech News
Bantu Content Creator VR Ciptakan Konten Menarik YouTube Rilis Pemetaan 360-Degree Sekaligus Fakta Kebiasaan Penonton VR

Bantu Content Creator VR Ciptakan Konten Menarik YouTube Rilis Pemetaan 360-Degree Sekaligus Fakta Kebiasaan Penonton VR

  315

Demi memaksimalkan platform Virtual Reality (VR) besutannya, YouTube dilaporkan baru saja merilis pemetaan 360-degree pada video – video VR dengan total views mencapai angka 1000. Seperti diberitakan melalui Engadet, hal tersebut dilakukan YouTube untuk membantu para content creator VR agar dapat mengetahui bagian mana dari video 360-degree yang besutannya yang benar – benar menjadi pusat perhatian penonton. 

Tidak hanya itu, melalui pemetaan tersebut YouTube juga dilaporkan menemukan beragam fakta menarik seputar kebiasaan penonton saat menyaksikan video 360-degree. Yang pertama, ditemukan fakta bahwa penonton telah menghabiskan hampir ¾ waktunya untuk menatap ke depan selama video berlangsung. Seperti yang kita ketahui, video 360-degree sejatinya memungkinkan penonton untuk dapat melihat ke berbagai arah. Meskipun begitu, tatapan mengarah ke depan sepertinya masih jadi fokus utama penonton dibanding ruang lingkup di sekelilingnya. Bahkan sebesar 75% waktu yang dihabiskannya saat menonton konten VR hanya berfokus pada arah depan saja. 

Yang kedua, ditemukan pula fakta bahwa penonton juga cukup tertarik menatap ke arah belakang pada video 360-degree yang tengah berlangsung. Sayangnya, angka tersebut hanya akan berimbas pada video dengan konten yang menarik sehingga memancing mereka untuk dapat bereksplorasi lebih pada video tersebut. Oleh karena itu, terkait hal ini penting bagi para content creator VR untuk dapat memperkaya konten video VR mereka dengan beragam hal menarik seperti penambahan animasi untuk menggiring perhatian penonton pada sisi atau bagian lain video. Dan yang ketiga, penonton yang menyaksikan video VR tidak selalu memanfaatkan platform yang sama.

Ya, ada beberapa penonton yang menyaksikan video terkait pada perangkat mobile, ada pula yang langsung melalui portable Cardboard dan ataupun melalui desktop. Ketiga platform tersebut juga membutuhkan persiapan yang berbeda. Untuk Cardboard, pengguna biasanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk dapat bersiap menonton video 360-degree. Terkait hal ini, para content creator VR diharapkan dapat menyesuaikan situasi tersebut dengan memberikan tenggat waktu pada penonton sebelum video 360-degree mulai berlangsung. Ya, fakta – fakta ini sejatinya diharapkan cukup membantu content creator untuk bisa menciptakan video VR yang lebih memuaskan lagi.

Bahkan, YouTube juga dilaporkan telah menggelar program khusus bagi para pihak kreatif yang berupaya untuk dapat memperdalam pengembangan konten VR ini. Program tersebut bertajuk VR Creator Lab dan diketahui telah membuka pendaftaran. Tertarik untuk berkreasi bersama raksasa platform video ini? (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id