MENU
teknovaganza.id
Tech News
Ajukan Hak Paten Baru, Teknologi Apa Yang Tengah Google Kembangkan?

Ajukan Hak Paten Baru, Teknologi Apa Yang Tengah Google Kembangkan?

  318

Google dikabarkan baru saja mengajukan hak paten terkait salah satu teknologi baru yang dikembangkannya. Dilansir melalui Digital Trends, teknologi tersebut menjadi bentuk layanan tambahan yang ditawarkan raksasa mesin pencari untuk meningkatkan perkembangan dunia digital bidang kesehatan. Jika selama ini, Google sebagai salah satu perusahaan teknologi dunia kerap kali menawarkan produk wearable devices di bidang terkait, tidak pada kesempatan yang satu ini.

Raksasa mesin pencari kini memusatkan perhatiannya pada pengguna yang mungkin saja tidak terlalu tertarik memanfaatkan wearable device untuk mengontrol kesehatannya. Ya, hak paten yang diajukan Google tersebut ditujukan untuk sebuah alat yang memanfaatkan sistem yang bekerja sebagai pengganti wearable device. Sistem tersebut sejatinya memanfaatkan sensor infrared yang digunakan untuk melacak kualitas tidur pengguna. Sensor infrared akan bekerja sebagai pihak pengumpul data kebiasaan dan pergerakan tidur pengguna. 

Jika sudah dirasa cukup terkumpul, data tersebut akan digunakan sebagai alat pembanding terhadap riwayat tidur pengguna untuk mengetahui apakah pengguna mengalami gejala insomnia atau tidak. Selain itu, sensor infrared juga dilaporkan dapat melacak dan mengumpulkan informasi seputar pola pernapasan pengguna yang didapatkan berdasarkan cahaya yang terpantul kembali ke alat tersebut. Dari konsep ini, beberapa pihak memperkirakan bahwa Google sejatinya akan mengembangkan sistem tersebut untuk dapat tertanam pada sebuah alat. 

Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti apa yang akan dilakukan Google pada sistem tersebut. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi seperti misalnya membenamkan sistem pada wearable device, perangkat lain secara terpisah, atau bahkan pada ponsel pintar yang tanpa tambahan perangkat apapun. Kita tunggu saja kabar selanjutnya. Semoga teknologi yang dikembangkan Google tersebut mampu membantu pengguna untuk bisa semakin mudah dan praktis mengontrol kesehatan mereka, terutama dalam hal kualitas tidur. (SNR)

 

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id