MENU
teknovaganza.id
Startup
3 Tip Memilih Nama Startup

3 Tip Memilih Nama Startup

  1143

Salah satu hal yang paling menguras kreatifitas saat akan membangun sebuah startup, tentu saja bukan sekedar ide tapi juga pemilihan nama. Yang satu ini terdengar sepele, namun pada kenyataannya nama yang unik turut andil membangun kesuksesan sebuah startup. Sebut saja Gojek, perpaduan satu kosakata bahasa Inggris 'go' dipadu dengan kata bahasa Indonesia yang begitu merakyat 'ojek' nampaknya benar-benar membuahkan hasil diluar dugaan (red: sukses). Penyebutan nama startup ini pun tidak sulit, bahkan begitu familiar ditelinga Anda meski baru pertama kali mendengarnya. Lantas, apakah hal semacam ini akan memengaruhi kesuksesan startup?

Pada kenyataannya hal tersebut memang akan memberikan pengaruh besar pada kesuksesan startup. Memilih nama pun dibutuhkan pertimbangan yang tak hanya dilakukan sekali saja. Sebuah nama yang jelas dan kuat maknanya akan sangat membantu usaha pemasaran dan branding startup.  Oleh karena itu, ketika akan memilih nama sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu 3 hal dibawah ini.

Kriteria Nama
Saat memilih nama, hindari kata yang sulit dieja. Anda tidak ingin kan jika calon pelanggan kesulitan menemukan bisnis online yang susah payah Anda bangun? Saran dari kami adalah tetap pilih nama yang sederhana untuk menghindari kesalahan dalam penyebutannya. Nama yang sederhana juga akan memudahkan calon pelanggan untuk mengingatnya. Tidak hanya itu, Anda pun harus memastikan bahwa nama tersebut akan bagus didengar tanpa akan membatasi perkembangan bisnis online Anda.  

Makna Nama
Layaknya seorang bayi, startup Anda juga membutuhkan dukungan untuk dapat tumbuh dengan baik. Jangan sepelekan arti dari sebuah nama. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa nama startup pilihan memiliki arti yang baik dan dapat mendukung kesuksesan bisnis online Anda. Kelak, Anda akan hidup berdampingan dengan nama startup pilihan tersebut. Oleh karena itu, pastikan pula bahwa Anda menyenangi arti atau makna dari nama startup yang Anda bangun.

Minta Pendapat
Ketika pilihan nama startup sudah mencapai final, kini saatnya Anda untuk meminta pendapat dari kerabat terdekat. Tidak perlu ragu untuk melakukannya, semakin banyak masukan semakin banyak pula dukungan yang akan Anda dapatkan. Di saat ini pula Anda dapat mengetahui apakah nama pilihan tersebut cukup familiar, mudah diingat, dan mudah disebutkan? Jika nama startup pilihan Anda mencakup ketiga kriteria ini, yakinlah bahwa nama tersebut yang terbaik yang bisa Anda pilih.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat! (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id