MENU
teknovaganza.id
Startup
3 Langkah Sederhana Memulai Bisnis Startup

3 Langkah Sederhana Memulai Bisnis Startup

  422

Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis startup. Meskipun bidang usaha yang populer di ranah digital ini sudah cukup banyak yang menggandrungi, tak salah rasanya jika Anda pun memulai hal yang sama. Pada prinsipnya, memulai bisnis tidak bisa hanya 'setengah hati'. Ibarat kata, 'aji mumpung' atau 'ikut-ikutan saja' justru akan membawa kita ke situasi yang tak terkendali (red: bisnis gagal). Untuk itu, mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang memang menjadi hal yang tidak bisa disepelekan.

Berhubung Anda baru saja akan memulai bisnis startup, berikut beberapa hal kecil yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda namun akan memberikan dampak luar biasa jika diterapkan dengan sempurna.

Jadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri tidak melulu terkait dengan hubungan atau kehidup. Prinsip ini juga akan sangat berpengaruh pada bisnis Anda. Menjadi diri sendiri memiliki makna bahwa Anda tahu apa yang akan dikerjakan. Dalam hal bisnis, Anda pun mengerti bidang apa yang memang Anda kuasai. Jalan mudahnya, coba mulailah bisnis dari hobi atau hal yang Anda senangi. Rasa nyaman tersebut akan memberikan dampak positif pada awal mula terbentuknya bisnis Anda. Tidak perlu ambil pusing dengan prestasi rekan yang lain yang mungkin sudah lebih dulu sukses. Anda adalah diri Anda. Jadi, lakukanlah dengan cara Anda sendiri, termasuk bisnis yang akan Anda geluti.

Bisnis tidak melulu soal modal besar

Hal ini selalu disalahartikan oleh kebanyakan calon pebisnis. Persepsi tentang kesuksesan bisnis yang selalu dikaitkan dengan modal yang besar cukup membuat calon pebisnis justru kelimpungan dan 'minder'. Untuk itu, berkaca pada pebisnis rumahan yang ternyata mampu meraih kesuksesan bisa jadi motivasi baik untuk Anda. Anda akan mempelajari tentang makna sabar. Terlebih lagi jika ternyata peluang bisnis akhir-akhir ini semakin besar dan mudah. Sebagai salah satu dari jalan keluar modal yang sedikit, Anda bisa memulai bisnis startup dengan menjadi reseller. Menjajakan produk orang lain tidak ada salahnya karena disanalah Anda akan berlajar cara berbisnis yang sebenarnya.

Bina hubungan dengan rekan

Jika ada yang pernah berkata, 'Anda adalah apa yang Anda katakan' ini sama artinya dengan 'Anda adalah bisnis yang Anda kembangkan'. Gali diri Anda, dan temukan apa yang membuat Anda spesial. Begitu pun dengan bisnis yang Anda geluti. Jika memang cukup sulit untuk menciptakan produk unik, Anda bisa menjalankan manajemen yang unik. Berhubunganlah dengan banyak orang dan jangan ragu untuk meminta pendapat. Dari sana, akan lahir inovasi-inovasi yang tidak pernah Anda duga sebelumnya. Jika Anda dan rekan pun dapat bekerjasama membangun bisnis, kenapa tidak. Two is always better than one.

Memulai bisnis memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun, percayalah bahwa Anda mampu melakukannya. Hal paling penting dari semuanya adalah ketika Anda pun tidak lupa melindungi bisnis yang Anda bangun. Taati peraturan hukum dan jadilah pebisnis legal. Dengan begitu, calon pelanggan pun akan merasa nyaman sebagai konsumen Anda. (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id