MENU
teknovaganza.id
Startup
3 Langkah Agar Proses Penawaran Produk Startup Anda Berhasil

3 Langkah Agar Proses Penawaran Produk Startup Anda Berhasil

  452

Sebagai founder dari sebuah startup, tentu Anda berharap agar produk atau layanan yang perusahaan Anda kembangkan bisa meraih minat penjualan pada perusahaan besar. Presentasi produk atau layanan merupakan langkah pertama yang bisa Anda manfaatkan guna mencapai hal tersebut. Namun, ini tidak semudah yang Anda bayangkan. Untuk menarik minat seorang petinggi eksekutif perusahaan tertentu Anda butuh presentasi produk yang singkat, padat, dan menghasilkan. Lantas, apa yang harus Anda lakukan guna mencapai hal tersebut?

Dilansir melalui Forbes, seorang startup founder berbagi tentang pengalaman dan saran terkait hal ini. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah lakukan presentasi dengan benar dan penuh persiapan. Seorang petinggi eksekutif perusahaan tentu saja akan sering mengikuti pertemuan terkait penjualan produk. Waktu adalah hal yang paling berharga bagi mereka. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Usahakan bahwa Anda memiliki kesempatan untuk secara langsung mepresentasikan produk atau layanan Anda pada petinggi eksekutif perusahaan. Jelaskan secara terperinci pada mereka alasan mengapa produk atau layanan Anda dapat memberikan manfaat dan dampak yang baik bagi perusahaan. Tampil layaknya Anda telah menyiapkan presentasi tersebut berbulan – bulan sebelumnya. Jangan lupa, Anda pun harus selalu siap dengan beragam pertanyaan yang mungkin diajukan.

Kemudian, Anda juga harus pandai mengambil kesempatan untuk membuktikan bahwa produk atau layanan yang Anda kembangkan benar – benar bernilai.  Lakukan hal ini melalui data penjualan, visi dan misi startup Anda, dan hubungan bisnis apa saja yang sudah Anda kembangkan. Saat mempromosikan produk atau layanan startup Anda, pastikan bahwa Anda menyajikan data yang memuaskan, seperti fokus pada tujuan untuk meningkatkan perjanjian bisnis, hingga meminimalisir penjualan pada perusahaan sejenis. Bagi startup founder terkait, jika kita berhasil untuk memberikan pandangan bisnis baru pada perusahaan yang dituju, ini merupakan pertanda proses penjualan yang Anda lakukan berhasil.

Yang terakhir, buatlah presentasi bisnis Anda lebih fleksibel dan sederhana. Kemali lagi pada poin pertama bahwa Anda tidak memiliki waktu cukup banyak untuk 'berjualan'. Lantas, pastikan bahwa presentasi Anda benar – benar singkat, padat, dan menghasilkan. Bagi presentasi Anda menjadi 3, yaitu qualification, demo, and pricing. Hindari menomorsatukan dari 3 hal tadi. Jika Anda terlalu lama berpresentasi, lantas Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk berdiskusi tentang harga dan penawaran. Hal yang paling penting dari semuanya tentu saja memastikan bahwa produk atau layanan Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan tertuju. (SNR)

komentar
tentang kami
Teknovaganza.id merupakan media online yang menyajikan informasi terbaru dan terkini seputar dunia teknologi dalam negeri maupun mancanegara. Penyampaian yang ringan dengan konten yang berisi menjadikan Teknovaganza.id pilihan pembaca yang paling diminati.
hubungi kami
Alamat : Jl. Kalibaru Timur I No.27 Kalibaru, Cilincing, Jakut
Email : redaksi@teknovaganza.id
Telepon : 021- 440 7211
mitra kami
COPYRIGHT © 2016 - Teknovaganza.id